PENYEBAB LIGHTNING ARESTER SERING JEBOL

arrester from http://www.easybizchina.com

gambar arrester

Fungsi arrester adalah untuk meneruskan arus listrik petir ke ground yang masuk melalui jalur yang dilindunginya, apabila tegangan petir lebih dari kapasitas maksimumnya maka arrester tersebut akan meneruskan arus tersebut ke tanah. Tujuannya agar tegangan di system tidak naik melampaui batas yang diijinkan sehingga peralatan listrik pelanggan maupun generator ataupun trafo tidak rusak.

Tetapi didaerah tempat saya bekerja kemarin terjadi arrester jebol padahal ga ada petir menyambar. Usut punya usut ternyata ada kenaikan teganagan disisi Tegangan menengah ( 20 KV ). Kenaikan tegangan terbaca 20 KV phasa ke netral, padahal seharusnya kan sekitar 11,5 KV loo…oo. Lho kok bisa? langsung terlintas di pikiranku kalo ini pasti akibat tegangan yang terlalu tinggi. Tapi sayangnya aku ga tau penyebab tegangan terlalu tinggi ini. Akhirnya kemarin saya ketemu sama orang ahli listrik dan bertanya penyebabnya. Dia bilang salah satu penyebabnya karena NGR nya lepas atau tidak terpasang. Teorinya begini, ketika NGR lepas dari system, maka pembangkit floating aka ngambang atao titik netral trafo yang koneksinya star ( Y ) tidak terhubung dengan tanah melalui NGR. Kondisi inilah yang menyebabkan titik netral bergeser mengikuti phasa beban terberat. Pada system 3 phasa kondisi ini akan menyebabkan phasa dengan beban teringan tegangannya akan naik seperti kondisi yang terjadi diatas tadi. Sedangkan phasa dengan beban terberat tegangannya akan relative lebih rendah dari tegangan normal. Apabila kenaikan tegangan ini melebihi batas kemampuan arrester, maka akan jebol juga arrester tersebut. Ya begitulah kira – kira salah satu penyebab arrester jebol selain karena petir. Cuma segitu pengetahuanku, semoga dapat berguna. Biar sedikit dan sederhana yang penting saling berbagi…he…he. Kalo ada tambahan boleh ditambahkan dikolom komentar. Biar nanti saya update kan…..

About these ads

4 thoughts on “PENYEBAB LIGHTNING ARESTER SERING JEBOL

      1. Adi

        Tanda Arrester Rusak Gimana? Short Circuit atau Putus ?
        Sekalian Saya mau tanya soal GAS TUBE ARRESTER pada roset antipetir Telepon yang rusak dan tidak rusak gimana : Putus atau Short?
        Nuhun

      2. saptodiharjo Post author

        @adi kalo secara visual biasanya hampir tidak keliatan apalagi dari jarak lumayan jauh ( bawah tiang ).lebih baik n jelas dilihat dari dekat ada gosong ato tidak.
        kalo extrim nya biasnya arester itu pecah setelah kena petir.tapi belum tentu juga semua arester pasti pecah kalo kena petir. ada juga yang cuma gosong sedikit dan tembus sehingga ketika di injeksikan tegangan penyulang trip lagi. biasanya hal yang dilakukan adalah penyulang dipotong – potong dan dimasukkan bertahap dari pangkal.ketika section tersebut aresternya rusak ato tembus pasti akan trip penyulang tersebut dengan indikasi earth fault. demikian pengetahuan saya…ada kurangnya mohon maaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s