Tegangan generator hilang tetapi VCB incoming generator tidak lepas. Kenapa ya?

Beberapa minggu terakhir ini kami disibukan dengan hal yang bikin pusing kepala dan menyita perhatian serta menguras otak kuli semacam saya ini. Begini ceritanya, ketika sistem distribusi listrik terganggu akibat ada gangguan alam ( hujan disertai angin) yang mengakibatkan banyak pohon tumbang, otomatis sistem pembangkit juga akan terpengaruh. Apalagi sistim yang sedang kita kerjakan adalah sistem kecil dan sistem distribusinya menggunakan sistem 20 KV tanpa ada gardu induk ( pasti bukan di jawa ato bali  he…he ). Menurut para insinyur ini sangat rawan sekali dengan adanya gangguan alam seperti pohon tumbang lah contohnya, Seperti kita tahu bahwa sistem 20 KV standardnya memakai tiang yang kurang lebih 13 meter.. cmiiw. Trus pohon disepanjang SUTM ini tingginya rata – rata lebih dari 13 meter. Ya jelas saja bener kata – kata pak insinyur, karena apabila ada pohon tumbang otomatis ada short di jaringan antara phase to phase ataupun phase ke tanah. Karena tidak adanya gardu induk, mengakibatkan arus gangguan yang cukup besar langsung menghantam ke generator. Menurut pak master of science gangguan pentanahan lebih berbahaya akibatnya terhadap generator dan premover daripada gangguan phase to phase. Teory dan rumus secara ilmiah aku ga begitu paham…..he…he. maklum lah cuma lulusan STM (Sekolah Tak Mau).he..he

Dengan adanya info – info dari para insinyur diatas aku sedikit – sedikit bisa menyimpulkan suatu masalah walo cuma seujung kukunya para insinyur.he…he. Ketika itu kejadiannya begini……suasana gelap dengan curah hujan yang cukup tinggi disertai angin berhembus sangat kencang, alarm black out tiba – tiba berbunyi dan suasana semakin suram karena cuma lampu emergensi yang menyala….( wah kaco ini sistim, didaerah mana  ini kok sering black out?  he..he). Aku lihat –  lihat aja operator berhamburan mencoba memulihkan sistem. Seketika operator mengoperasikan mesin yang bisa digunakan untuk black start. Awal start mesin sampai memasukan excitasi dan pengaturan tegangan berjalan lancar. Masalah timbul ketika OCB incoming mesin di masukan, tiba – tiba mesin black start berkapasitas 1 MW suaranya tertahan seperti dibebani oleh beban yang sangat berat dan tiba – tiba OCB incoming mesin trip. Gagal dah black start dengan cepat. wah…wah kenapa lagi ini? otak kuliku aku paksa berusaha dengan sangat – sangat keras untuk menemukan penyebabnya, maklum ga ada insinyur disini sehingga kuli pun disuruh berpikir he..he. Pak supervisor menanyakan kepada operator apakah semua penyulang yang berhubungan dengan dengan mesin black start sudah dilepas? operator jawab sudah semua pak. Lalu dengan tergopoh – gopoh seorang operator datang kepada kami dan bilang VCB incoming mesin yang paling ujung belum lepas…..guuuuubrak….lho kok bisa ya? Padahal menurut buku sakti ku kalo mesin sudah mati apalagi karena black out pasti VCB incoming generator sudah lepas.

Pada mesin yang kami kelola terpasang beberapa proteksi yang seharusnya bisa bekerja apabila ada gangguan. sebut saja

  1. Loos of field relay
  2. Reverse power relay
  3. Dan sistem kontrol dari engine sendiri
  4. dan mungkin masih ada lagi yang aku ga paham. he..he

Masak ga satupun relay proteksi ga ada yang bekerja sih? Akhirya pak supervisor memerintahkan sang kuli ( aku he..he ) untuk memeriksa sistim kontrol engine dan proteksi satu per satu, Rotating dioda, varistor, AVR dan tetek bengek yang berhubungan dengan hal tersebut diatas. Singkat cerita, setelah sekitar 4 jam mengobrak abrik buku sakti dan memeriksa Relay proteksi dan relay bantu akhirnya ditemukan salah satu relay bantu ada yang rusak. wuiiih….senangnya hatiku setelah sekian lama mencari akhirnya ketemu biang keroknya he…he. VCB kita coba on off kan di luar dan normal. Kita test dari contact trip setiap relay proteksi hasilnya bagus dan normal, akhirnya pak supervisor merekomendsikan mesin ini untuk bisa masuk sistem lagi. Selesai sudah pekerjaan yang bikin pusing hari ini. O iya, lupa tadi varistor dan rotating dioda belum sempat di cek rupanya karena ada permintaan segera beroperasi kembali dan pengecekan rotating dioda membutuhkan waktu yang cukup lama karena posisinya yang susah dijangkau. Ya udahlah, kita tes dulu engine bisa masuk sistem dengan normal ato ga, kalo aman ya lanjut dah komandan aku bilang. he…he

Singkat cerita lagi, engine berhasil dengan aman masuk sistem dan beroperasi normal. Alhamdulilah, kerja keras kami hari ini berhasil. Semoga Allah memberikan pahala kepada kami atas usaha kami memenuhi hajat hidup orang banyak. Semoga ibu – ibu dirumah bisa nonton sinetron dengan tenang, semoga anak – anak yang masih sekolah bisa memanfaatkan lampu untuk belajar, semoga bapak – bapak bisa bisa menemani ibu – ibu nonton sinetron juga he…he. Semoga para pejabat tidak korupsi amiiiiin.

eeeeeiiiitsss, Pak kuli mau tanya nih, apakah permasalahan mesin generatornya sudah sembuh penyakitnya? pasti teman – teman yang kritis pemikirannya tanya begitu. jawabannya belum tentu karena kami belum melakukan test  terhadap akurasi relay proteksi, bisa bekerja sesuai setting apa nggak kita belum tahu. lho kenapa kok belum ditest? karena kami tidak mempunyai alat test dan kalibrasi, jadi ga bisa kita pastikan relay proteksinya akurat ato nggak.

Ya, sementara pengalamanku yang aku tulis cukup sekian untuk hari ini. Insyaallah besok ada lagi cerita lanjutan tentang hilangnya tegangan ini. kalo ada yang salah dengan tulisanku mohon dikoreksi agar tidak menyesatkan umat.

 

 

 

 

 

 

 

/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s