Pembangkit listrik tenaga osmosis itu apa sih?

Iseng – iseng googling tentang pembangkit listrik, akhirnya mampir di http://dunia-listrik.blogspot.com. Disitu dibahas tentang pembangkit listrik tenaga osmosis. Terus terang saya pribadi baru denger juga, soalnya setau saya pembangkit listrik hanya tenaga diesel, air, uap, gas, matahari dan angin saja. Trus osmosis itu apa?

Menurut pengertiannya osmosis adalah salah satu sifat yang dimiliki dari benda cair (fluida) untuk berpindah melalui lapisan semiperrmiabel diantara 2 fluida yang memiliki kepekatan berbeda. Lapisan semipermiabel ini berfungsi untuk memisahkan 2 lapisan dan hanya mampu ditembus oleh air, sementara partikel yang lain tertahan. Sehingga arah pergerakan fluida berasal dari fluida dengan kepekatan rendah menuju fluida dengan kepekatan lebih tinggi hingga dicapai kepekatan yang sama. Trus bagaimana prinsip kerjanya? Dikutip dari http://dunia-listrik.blogspot.com, Perpindahan fluida ini akan mengakibatkan adanya perubahan volume yang juga mengakibatkan tekanan pada sisi fluida yang lebih pekat. Tekanan ini kemudian akan menyebabkan pergerakan fluida dan tekanan yang dapat digunakan sebagai sumber energi kinetik. Konsep inilah yang kemudian digunakan pada pembangkit listrik dengan konsep teknik osmosis dengan memanfaatkan air laut. Dengan memanfaatkan kepekatan air laut dan juga air murni.

Monggo dipantengi gambar dibawah ini untuk memudahkan penjelasan….
image

pada kondisi awal

Jadi prinsip kerjanya berdasarkan perbedaan kepekatan 2 fluida, jadi tanpa adanya pembakaran seperti pada pembangkit diesel, uap bahkan nuklir. Menurut saya ini sangat ramah lingkungan dan harus ada perhatian pemerintah untuk pengembangannya. Seperti kita tahu, potensi laut kita sangat besar untuk pembuatan pembangkit jenis ini. Tapi pastinya sumber dana akan sangat besar. Mungkin pihak swasta bisa berinvestasi di bidang ini, selain ramah lingkungan energi osmosis ini sepertinya ga ada habisnyakan? Ga seperti energi dari fosil yang terbatas. Setidaknya ini bisa jadi alternative antara PLTA dan PLTSkan? Kalo lagi mendung PLTAkanga bisa menghasilkan listrik dengan maksimal, sedangkan pada musim kemarau PLTA ga bisa mensupplay daya dengan maksimal. Jadi Pembangkit listrik osmosis ini tanpa mengenal hujan, kemarau bahkan habisnya minyak dunia juga ga ngefek. Jadi dimungkinkan pembangkit jenis ini jadi idola dimasa datang ketika minyak, batubara dan gas sudah habis.he…he

Jadi ga ada salahnya dari sekarang kita sama – sama mempelajari tenologi pembangkit listrik osmosis sehingga dimasa datang akan lebih sempurna.amm…iiinn

Syukur – syukur dari sekarang, sebelum minyak, gas dan batubara habis sudah diaplikasikan. Pastinya akan sangat menghemat bahan bakar dari fosil sehingga bisa digunakan untuk cadangan atau keperluan lain sekaligus kita menjaga lingkungan hidup kita dengan mengurangi emisi gas buang dari pembangkit listrik. Emisi gas buang otomotiv dan pabrik – pabrik saja sudah sangat menghawatirkan kan? Belum lagi ditambah emisi gas buang pembangkit listrik….hi….hi..ngeri saya membayangkannya. Setidaknya ini adalah solusi menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Sebagai bloger dan tukang listrik saya pasti sangat setuju sekali. Ya…ah semua tergantung kemauan pemerintah dan dukungan para ahli yang berkompeten dibidangnya, saya rasa rakyat kecil seperti saya cuma bisa berharap mendapatkan listrik dengan harga terjangkau, ramah lingkungan dan berkualitas.

Mari di share kalo ada info tentang osmosis ini, syukur – syukur uda ada yang mengaplikasikan. Bisa bagi – bagi ilmu

3 thoughts on “Pembangkit listrik tenaga osmosis itu apa sih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s