Temperatur winding berdasarkan kelas isolasi

generator

Beberapa bulan kemarin generator di tempatku bekerja mengalamikenaikan suhu di windingnya. Menurut record dari operator kenaikan mencapai 10 0C. Biasanya beroperasi dengan beban maksimal seperti biasanya temperature 90 – 95 0C, tetapi hari itu sampai 100 0C. Wuih, lumayan tinggi tuh pikirku. Dalam hati bertanya – tanya kenapa bisa begitu ya? Tindakan pertama langsung kita bersihkan saringan udara dan debu pada winding generator dengan menyemprotkan udara dari kompresor. Trus bagaimana hasilnya? Setelah dilakukan pembersihan filter dan winding kita lihat perkembangan selanjutnya melalui record operator. Ternyata hasilnya tetep begitu saja, waduh gawat ini pikirku. Coba – coba tanya pada senior yang pernah ngurusi generator ini, mereka bilang suruh lihat pola operasinya, lihat apakah beban generator kapasitif. Menurut mereka beban kapasitif bisa mengakibatkan winding cepat panas. Apa bener begitu? Kalo melihat tuliasa saya terdahulu tentang karakteristik beban generator di https://saptodiharjo.wordpress.com/2012/02/07/karakteristik-beban-generator-arus-bolak-balik/ diketahui bahwa beban kapasitif mengakibatkan tegangan stator naik, Apakah kenaikan tegangan ini yang mengakbatkan suhu juga naik? Mohon yang lebih expert dapat menjelaskan. Kita cek lagi pada log sheet operator, ternyata beban cenderung induktif dengan factor daya 0,90 – 0,95 lagging. Aku pikir pola operasinya ga ada yang salah tuh. trus apa ya? Akhirnya minggu berikutnya kita lihat  lagi filter udara cukup kotor penuh dengan debu. Pak komandan suruh saya mengganti filter yang terbuat dari kawat kasa tipis diganti dengan filter air pada akuarium agar gampang pembersihannya. Waduh ternyata gatot ( gagal total ) temperature winding tambah tinggi mencapai 110 0C, terpaksa deh ganti pake kawat kasa lagi, tapi saya cari yang anti karat. Tetapi temperature kok ga mau turun dari 100 0C ya?

Akhirnya nyerah deh saya cari penyebab temperature winding naek akhir – akhir ini, aku asumsikan emang karena suhu ambient yang cukup tinggi karena musim panas. He..he dasar mental kuli ya, nyari gampangnya aja alam disalahin. Kita semua disini tahu kok kalo insulation class winding generator ini adalah class F, cukup aman lah kalo cuma 100 0C. karena class F batasnya sampe 155 0 C, seperti yang aku baca dari http://www.engineeringtoolbox.com/nema-insulation-classes-d_734.html dan dari buku jaman sekolah ku dulu juga begitu.

O iya ada sedikit teory  dari situs diatas yang baru aku tahu, yaitu tentang dari mana mendapatkan angka 155 0C pada klas F tersebut, semoga bisa bermanfaat

Temperature Tolerance Class

Maximum Operation
Temperature Allowed

Allowable Temperature Rise at full load
1.0 service factor motor 1)

Allowable
Temperature Rise
1.15 service factor motor 1)

0C

0F

0C

0C

A

105

221

60

70

B

130

266

80

90

F

155

311

105

115

H

180

356

125

1)        Temperatur naik yang diijinkan berdasarkan referensi temperature lingkungan sekitar dari 40 0C.Temperatur operasi adalah reference temperature + allowable temperature rise + allowance for “hot spot” winding

Contoh :

Temperature Tolerance Class F:

40 oC + 105 oC + 10 oC

    = 155 oC

Ternyata, angka 155 0 C itu didapat dari penjumlahan 3 komponen yaitu : ( reference temperature + allowable temperature rise + allowance for “hot spot” winding ). Baru tahu juga aku….he..he…he

Pada umumnya temperature winding tidak boleh dioperasikan diatas temperature maksimum. Karena setiap kenaikan 10 0C diatas temperature maksimal akan mengakibatkan winding lebih cepat rusak 1,5 x lebih cepat.

OK dah kalo begitu, semoga bermanfaat dan kalo ada salahnya mohon dikoreksi….

2 thoughts on “Temperatur winding berdasarkan kelas isolasi

  1. Oga Gazwara

    Ass
    Artikel yg bagus….
    namun saya mau nanya Mas, kalo penyebab temperatur stator winding naik itu apa ya??

    Reply
    1. saptodiharjo Post author

      uda aku tulis kan di artikel diatas kan?setahuku ya antara ambient temperature,pola operasi(beban generator kapasitif) dan sirkulasi pendinginan tdak sempurna.mhon diberikan tambahan klo ada kekurangan.aku cuma kuli soalnya…jdi ga bsa bnyak teori.trimakasih tlah berkunjung

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s