Kenapa Temperatur Generator Naik Setelah Rewinding?

Konstruksi generatorSeperti judul diatas, itu terjadi beberapa waktu yang lalu pada generator kami. Awalnya ada winding generator yang short dengan body generator.  Setelah itu kita bongkar generator yang segede gaban ( kira – kira beratnya 3 sampe 4 ton dengan diameter 1 meter, bisa bayangin lah besarnya generatornya…. ) ini dan memeriksa gulungan mana yang terbakar ( Sayangnya ga sempet mendokumentasikan bagian yang terbakar……karena saya ikut kerja……jadi ga sempet jeprat jepret….he…he ). Singkat cerita generator telah terbongkar dan kita temukan bagian gulungan mana yang terbkar. Model gulungan stator windingnya itu tidak sama dengan motor – motor listrik yang biasa kita jumpai, model gulungannya bukan terdiri dari kawat – kawat tembaga kecil, tetapi setiap satu gulung sudah mirip satu gelung pada motor – motor listrik yang biasa kita jumpai dan sudah pas masuk ke angkernya. Jadi kita tidak usah repot – repot membuat gulungan dari kawat tembaga. Jadinya ga memakana waktu lama untuk mengganti gulungan yang terbakar. Dan keuntungan gulungan model begini, apabila satu gelung yang terbakar, hanya yang terbakar itu yang diganti dan yang ga terbakar bisa kita pake lagi……

Singkat cerita lagi, gelungan yang terbakar dan short dengan body sudah kita bongkar dan tinggal kita pasang gelung baru. Akan tetapi ada yang ga beres dengan kondisi angker tempat gelungan yang terbakar tadi, ada seperti bekas di las akibat gelungan short dengan angker. Ya…a…ah nambah kerjaan lagi pikirku, kita harus menghilangkan bekas  terbakarnya yang agak menonjol itu. Agar gelungan baru bisa masuk dengan baik. Tetapi masalah baru muncul setelah bekas terbakarnya itu kita kikis. Temperatur bisa naik kata pakar genertor. Lho kok bisa begitu kang tanyaku? Pakar generator jawabnya begini, coba lihat konstruksi stator generator itu ada apa? Aku jawab sekenanya ada gulungan dan ada angkernya. Dia bilang betul tapi kurang spesifik. Dia lalu menunjukan Inti besi stator terdiri dari laminasi-laminasi plat besi yang satu dan lainnya terisolasi dengan vernis atau kertas isolasi (implegnated paper). Itu tujuannya untuk mengurangi eddy current. Karena eddy current akan menyebabkan inti stator winding temperaturnya tinggi. Dengan begitu kita simpulkan, ketika mengikis bekas terbakarnya pada stator winding harus hati – hati dan jangan sampai merusaknya.

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah disela-sela penghantar dan pada inti stator terdapat lubang-lubang (rongga) untuk sirkulasi udara pendingin, jangan sampai rongga – rongga ini tersumbat ketika kita membongkar generator. Pastikan rongga – rongga tersebut diperiksa ketika akan memasang. Karena sirkulasi udara yang lancar akan sangat berpengaruh pada temperature winding.

Semoga bermanfaat, kalo ada yang mau mengkoreksi ato mau nambahkan silakan tulis di kolom komentar…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s