TAP KONEKTOR NGEFONG?????

Menyambung artikel kualitas listrik yang kemarin, saya coba menuliskan pengalaman nyata aja lah…kebetulan yang ini ada foto hasil pengukuran yang saya lakukan……Begini ceritanya, Sore itu hampir magrib saya pulang kerja langsung nyalain TV dan lampu dengan tegangan yang aku perkirakan masih 190 Volt ( he..he.. nasib..nasib…belum juga diperbaiki sampai saat itu ). Lho kok tiba – tiba suara kulkas di rumah kok semakin berat dan lampu kok semakin redup saja ya? kalo tegangan 190 V kayaknya ga seredup ini pikirku….tapi ane enjoy aja…ane pikir ane lagi pusing karena tadi kerja dibawah terik matahari…ya udahlah habis mandi n makan minum obat pikirku….tapi setelah magrib ane iseng ambil avo meter kesayangan trus ane ukur tegangan di stop kontak….lailahaillah…..lho kok cuma 140 Volt….langsung ane suruh istri matikan semua lampu , TV dan kulkas trus nyalain lampu emergency aja….sengaja ane gak telpon petugas yang terkait karena kapok masbro…..ga ada respon yang berarti menyelesaikan masalah ( tapi mungkin ane udah suudzon ya? astagfirullah)…ga lama kemudian bunyi KWH meter digital prabayar alarm dan klik….ternyata KWH meternya yang mati…waduh…tambah parah ini…Kemudian ga lama nyala lagi KWH meter tersebut…begitu berlanjut sampe sekitar satu jam….ane nikmati aja kegelapan ini…toh juga bukan saya sendiri yang mengalami kegelapan ini..ternyata tetangga sebelah juga mengalaminya…

Sekitar jam 7 malam kayaknya KWH meter uda ga mati hidup lagi dan ternyata petugasnya sudah datang ( ternyata ada tetangga saya yang telpon langsung telpon ke supervisor katanya)…setelah dicek katanya tap konektor nya ngefong dan rusak…ya pendek cerita tap konektor di tiang uda diganti dan tegangan kembali normal….saya ukur dirumah tegangan sudah 215 Volt, paling gak uda masuk dalam toleransi lah pikirku. Terima kasih bapak petugas…..

Jadi kesimpulannya, beberapa hari kemarin tegangan dirumah ane cuma 190 Volt itu tanda – tanda kalo tap konektor uda mulai ngefong ya? trus kenapa kok respon petugasnya tau kalo tegangan 190 V terkesan dibiarkan saja padahal sudah diluar batas toleransi lo? Apa harus nunggu tegangan jadi 140 V dulu baru di respon?apa nunggu ada korban alat elektronik rusak dulu baru respon?

Kalo dari ilmu yang saya pelajari di STM dulu (ha..ha STM lagi….STM aja bangga ) apabila tegangan dalam suatu sistem turun,maka arus akan naik untuk mengangkat beban yang konstant….hubungannya, apabila arus yang tinggi melalui suatu penghantar akan menimbulkan panas apabila diameter penghantar tersebut lebih kecil dari kapasitas arus yang melaluinya…..kalo suatu penghantar sudah panas tentunya akan semakin besar dong potensi kebakaran….

Gimana to kang kak malah mbulet ae…he..he..maklum STM…bahasanya  belepotan . Begini jelasnya…ibaratnya penghantar ( dalam hal ini kabel ) di instalasi rumah kita kan diameternya konstan alias ga mungkin berubah – ubah….ya kan? jadinya arus yang mengalir di kabel tersebut maksimalnya juga tetap.misal kabel 1,5 mm arus maksimal yang bisa mengalir adalah 26 Ampere….trus apabila tegangan drop dan kita masih menyalakan TV ato peralatan elektronik lainya akhirnya arus nya naik melebihi arus normalnya kan? kalo arus naek melampaui batas kemampan penghantar apa jadinya?….penghantar akan panas dan potensi kebakaran semakin tinggi lo….kalo ga percaya tanya aja profesor ahli listrik….

trus gimana kang solusinya?

1. pasang volt meter di rumah biar kita bisa monitor tegangan setiap saat ( terutama pas beban puncak )

2. kalo ga punya voltmeter minimal punya AVO meter lah….kita cek aja setiap beban puncak jam 18-22,jam – jam tersebut rawan tegangan drop

3. kalo tegangan uda ga normal diluar batas toleransi ( terlalu tinggi ato terlalu rendah ) segera matikan semua peralatan listrik

4. lapor ke petugas terkait

5. sebaiknya pasang kabel yang standart ya…jangan terlalu kecil hanya untuk mencari hemat….antisipasi kejadian diatas…kalo perlu pas masang instalasi rumah konsultasi ke ahlinya….jangan asal dipasang sama tukang instalatir abal – abal sekedar bisa nyambung kabel ga ngerti perhitungan kabel

6. jangan menumpuk  kabel extensi  di satu stop kontak untuk menyalakan banyak peralatan listrik

edukasi keselamatan dibidang kelistrikan begini kewajiban setiap orang lo….biarpun cuma lulusan STM, ane sangat mendukung tentang keselamatan dibidang kelistrikan ….kalo petugas yang terkait ga begitu paham tentang potensi bahaya yang ditimbulkan oleh drop tegangan, tugas kita para bloger dan pembaca yang paham untuk menyampaikan ke semua orang…..mungkin banyak yang menyepelekan tulisan saya…tapi kalo sudah paham pasti akan ikut manggut – manggut he..he…he. kalo di dunia otomotif ada RSA ( road safety association ) gimana kalo dibidang listrik dibuat Electric Safety Association ( ESA )….ha..ha..ngimpi……iiii…..GAK YA?

o iya ini hasil pengukuran tegangan yang drop tadi

pas tegangan drop

pas tegangan drop

tegangan drop nih

tegangan drop nih

colok langsung nih

colok langsung nih

Maap ada yang di blur sedikit…untuk menutupi merk he..he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s