LISTRIK BENAR – BENAR MENJADI KEBUTUHAN POKOK MANUSIA MODERN

Lampu listrik

Lampu listrik

Permintaan Listrik Tembus Angka 10,17 Persen

(Jakarta, 7/2) Direktur Perencanaan dan Manajemen Resiko PLN, Mutaqi Syamsuddin, memaparkan tentang Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2012 s.d 2031 pada acara Coffee Morning di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Kamis (7/2). Pertumbuhan permintaan listrik di Indonesia menembus angka 10.17% pada tahun 2012. Angka pertumbuhan ini menjadi capaian tertinggi sejak Indonesia mengalami krisis ekonomi di tahun 1998. RUKN yang akan ditetapkan ini menjadi dasar bagi Pemerintah Daerah dalam penyusunan Rencana Umum Ketenagalistrikan Daerah (RUKD) dan bagi pelaku usaha penyediaan tenaga listrik dalam menyusun Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL).

Menyadur artikel di website PLN diatas, kayaknya ada korelasinya dengan artikel saya sebelumnya disini. kayaknya semakin hari semakin bertambah jumlah pelanggan PLN, artinya listrik benar – benar menjadi kebutuhan pokok manusia modern.  Bayangkan, seandainya dulu ga ditemukan listrik oleh michel farady dan penemu lampu listrik thomas alfa edison, nikola tesla dengan motor listriknya ga mungkin kehidupan kita semudah sekarang ini….lha iyo to…sekarang mau terang tinggal pencet saklar lampu udah nyala, mau nyuci tinggal masukin ke mesin cuci uda ga perlu ngucek, mau air es ga perlu ke kutub tinggal buka kulkas aja, mau masak nasi tinggal masukin beras ke rice cooker….nyaman to….semua uda serba listrik sekarang. kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada penemu – penemu diatas….termasuk ane juga berterimakasih kepada mereka, selain memanfaatkan hasil temuan mereka ane juga dapat uang dari listrik…walo cuma tukang instalasi listrik sama tukang service genset.he..he…( maklum cuma lulusan STM…bisanya cuma itu )

well, masuk lagi tentang listrik, untuk manusia modern listrik sudah merupakan kebutuhan yang tidak terpisahkan dengan kehidupan sehari – hari. di tilsan saya yang kemarin disini saya hanya mengambil contoh tetangga disekitar rumah aja….tapi sekarang saya langsung buka website PLN dan mendapatkan data yang cukup mencengangkan. Katanya tanpa data dibilang hoax..he…he. kenapa mencengangkan? soalnya data  PLN 2012 http://www.pln.co.id/?p=6292 disebutkan bahwa pelanggan PLN adalah 47,5 juta pelanggan trus ditambah lagi artikel dari PLN juga diatas ( yang tulisannya miring ) dikatakan bahwa Permintaan Listrik Tembus Angka 10,17 Persen…opo ga gendeng iku?he..he…sampean itung sendiri lah jumlah pelanggan PLN kalo pertumbuhannya segitu…ane ga paham itung – itungannya secara statistik soalnya. Bisa kita ambil kesimpulan..pertumbuhan ekonomi pasti akan dibarengi dengan pertumbuhan kebutuhan listrik…sepertinya itu sudah hukum alam deh…he..he…kenapa bisa saya bilang begitu? Begini ilustrasinya mas….ketika pendapatan kita perbulan 1 juta kita cuma bisa beli kipas angin dan bayar listrik paling banyak 20 ribu…h..he ( pengalaman pribadi ). kemudian gaji naek ato usaha berkembang yang artinya uang kita semakin banyak akhirnya ditambah sama rice cooker dan kulkas …..lha ini akibatnya pengeluaran bayar rekening listrik jadi bengkak kan? ini analisa sederhana berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman tetangga sekitar, ga ada data secara statistik ato berdasarkan data. tapi analisa sederhana tanpa data tersebut kayaknya 90 % bener deh…ha..ha. kalo ga percaya buktikan aja sendiri….monggo dikunyah – kunyah deh, dipikirkan bener apa gak tulisan saya yang belepotan ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s