OPINI PRIBADI TENTANG PEMBANGKIT LISTRIK SWASTA

Menyambung artikel “TETANGGAKU ENGINEER….” kemarin..ternyata aku emang kuatrok..ndeso…ga ngerti perkembangan jaman…he…he..setelah ngobrol panjang lebar sama tetangga baruku…akhirnya aku paham kalo ternyata yang bergerak di bidang pembangkit listrik bukan cuma PLN saja…sekarang pihak swasta diberikan kesempatan seluas – luasnya untuk membangun pembangkit listrik….tetapi semua dikoordinasikan dengan pihak PLN ato istilahnya penyalurannya tetep PLN yang ngurusi…jadi intinya perusahaan swasta tersebut hanya membangkitkan listrik dan listriknya dijual ke PLN….oooo…ooo jadi begitu to…aku pikir penyalurannya juga perusahaan pembangkit listrik tersebut yang sekaligus jualan listriknya….intinya PLN tetep monopoli dagang listriknya……

well…sekarang yang mau ane bahas masalah sosialnya aja deh tentang adanya pihak swasta yang membangkitkan listrik trus PLN yang menyalurkan ini…..ini menurut opini pribadi saja tanpa ada tendensi apa-apa ataupun kepentingan apapun dibalik artikel saya…

Kita pandang dari UUD 45 aja…disana diamanahkan di pasal 33 ayat 2 ( kalo belum ada amandemen lagi ….he..he…)bahwa Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Dari sana saja sudah tertulis begitu….tapi kenyataannya listrik yang merupakan produksi penting dan menguasai hajat hidup orang banyak sekarang sudah diproduksi oleh swasta walo secara penyalurannya melalui PLN ( negara)…terus iki piye critane kok sampe melanggar UUD 45? yang salah siapa nih? Mungkin yang salah ya saya sendiri karena ga paham tentang hukum dan undang – undang he…he…he..mungkin menurut pemerintah dan disetujui anggota dewan itu sah-sah saja dengan suatu alasan yang sangat mulia yaitu mempercepat penyebaran listrik sampai ke pelosok sehingga listrik bisa dinikmati oleh seluruh rakyat indonesia……kalo negara sendirian yang membangun pembangkit listrik mungkin 25 tahun juga ga bakal kelar karena keterbatasan APBN he…he…akhirnya dibuatlah peraturan yang memperbolehkan swasta investasi dibidang pembangkitan asalkan penyalurannya tetap diserahkan kepada PLN sebagai perusahaan yang ditunjuk oleh negara untuk menyalurkan listrik….itu sih cuma analisa saya sebagai tukang service genset kebenarannya silahkan tanya sendiri ke DPR dan pejabat pembuat aturannya…he..he…

Eee…ee…iiiit…tapi tunggu dulu….ada yang mengganjal dari ketidaksesuaian antara UUD 45 pasal 33 ayat 2 dengan prakteknya dilapangan, disatu sisi ane sebagai rakyat jelata sangat setuju apabila listrik bisa dengan cepat menjangkau seluruh pelosok Indonesia sehingga semua rakyat Indonesia dapat menikmati listrik tanpa terkecuali…..tetapi kalo yang investasi swasta dibidang pembangkitannya kan menyalahi UUD 45 pasal 33 ayat 2 dong? trus kayak makan buah simalakama dong….kalo swasta ga masuk, maka untuk mencapai pemerataan listrik akan sangat sulit dan memakan waktu yang lama donk…tapin kalo swasta masuk melanggar UUD 45 donk….trus iki piye? Mumet aku….ga ngerti…

Menurut opini pribadi lagi nih….seumpama pihak swasta tersebut tiba – tiba kolaps atau terkena masalah keuangan atau perselisihan hukum atau apalah yang intinya mereka ga bisa beroperasi bagaimana? Apa ga terjadi pemadaman bergilir karena pembangkit milik PLN ( Negara ) ga bakal mampu mem back up karena kekurangan daya? Padahal kita tahu sendiri…untuk membangun suatu pembangkit itu dibutuhkan waktu yang lama untuk perakitannya dan termasuk ijin – ijin nya? Kalo pihak swasta “ mogok “ produksi listrik apa ga kalang kabut stabilitas nasional Indonesia? Gimana gak kalang kabut….lha wong listrik adalah merupakan kebutuhan pokok manusia modern…he…he…bisa – bisa investor lari dari Indonesia donk…wah kacau…mumet aku…ga paham…biar para pimpinan kita yang mikirin…kita sebagai rakyat cukup jadi warga yang baik aja taat mbayar pajak dan mbayar listrik…he..he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s