TARIF LISTRIK

Beberapa hari yang lalu ane dimintain pertimbangan sama tetangga ane tentang KWH meter prabayar ato yang regular ( yang kuno, masih pake cakram berputar ). Kira – kira enakan mana mas pake yang prabayar ato regular? kebetulan ane pake yang prabayar ya ane jawab enak yang prabayar dong. Kenapa ane bilang enak yang prabayar? Soalnya ga perlu ngantri bayar listrik….itu dulu satu – satunya alasan ane migrasi ke prabayar…..maklum kalo rumah ane ndeso mbayar listrik harus ke kantor desa ato ke kota, ngantri lagi.he..he..he…

Well….kita bahas aja tentang tarif listrik reguler …berikutnya aja kita bahas yang prabayar…

Coba kita liat di peraturan disini Contohnya liat halaman 10….kolom biaya beban (Rp/kVA/bulan ) yang ada tanda bintangnya tuh a.k.a 1300 kVA keatas. Disana cukup jelas tertera kalo

*RM1 = 40(jam nyala) x daya tersambung(kVA) x biaya pemakaian

*RM2 = 40(jam nyala) x daya tersambung(kVA) x biaya pemakaian blok 1

Jam nyala = kWh perbulan dibagi kVA tersambung

blok 1 = 0 – 55 jam nyala = 980

blok 2 = diatas 55 jam nyala = 1380

( Ane ambil contoh itu yang tarif rumah tangga yang berlaku mulai 1 januari sampai 31 maret 2013)

Disana tertera jelas ada yang disebut RM ( rekening minimum) yang artinya apabila jumlah tagihan lebih kecil dari perhitungan rumus diatas maka dikenakan tarif rekening minimal.

Menurut pengertian saya begini : seumpama pemakaian kita 20 kWh, batas daya 1300 VA jadi biaya pemakaian per kWH adalah 833 rupiah….secara hitungan adalah 20 kWh x Rp 833 = Rp 16.660

tetapi kalo kita hitung secara rumus RM1( karena 1300 VA range nya masuk RM1) maka :

RM1 = 40(jam nyala) x daya tersambung(kVA) x biaya pemakaian

RM1 = 40 x 1,3 x 833 = 43.316 jadi menurut perhitungan adalah Rp 43.316

karena hitungan pemakaian lebih kecil dari perhitungan RM1, maka yang dipakai adalah RM1 ( betul ga ya kira kira hitungannya????? semoga ada yang mengoreksi kalo ada salah cara hitungnya…he…he )

Semoga tulisan ane bisa sedikit membuka pikiran pembaca semua yang belum pernah ato malas membaca tabel tarif dasar listrik.he..he…mengkin yang selama ini suudzon dengan PLN karena bayar listriknya kok mahal, padahal pemakaian sedikit ya semoga bisa memahami…..kan dengan tabel tersebut pembaca semua bisa menghitung sendiri berapa harus pemakaian listriknya bayar ….kalo ga sesuai antara perhitungan dengan tagihan ya pembaca semua bisa menanyakan ato bahkan komplain…sekarang jaman demokrasi, ga usah takut lah kalo memang kita bertanya dengan sopan dan jangan membawa demokrasi yang kebablasan aja…asal kita bertanya dengan sopan dan baik, pasti dijawab dengan baik…….asal jangan bertanya dengan marah – marah ya….ingat…orang – orang PLN juga manusia lo….bisa – bisa kita dilaporkan ke polisi dengan tuntutan perbuatan tidak menyenangkan apabila menyampaikan keluhan dengan marah – marah….he…he…he…he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s