motor listrik AC 1 phasa dengan kapasitor dan cara membalik putarannya

 

Lama gak nulis blog, akhirnya pengen nulis lagi..kali ini hanya sebagai pengingat bagi ane sendiri dan syukur – syukur bermanfaat bagi orang lain. Ane cuma pengen nulis tentang bagaimana cara membalik putaran motor listrik AC 1 phasa. Mungkin udah banyak yg bahas di internet, tapi ane pengen nulis aja biar tambah banyak lagi yang mbahas.he..he.

Pada prakteknya sehari – hari kita membolak – balik steker listrik tetapi putaran motor listrik tetap saja tidak berubah arah putarannya. Beda sama motor listrik 3 phasa kalo di tukar sumbernya 2 phasa aja uda bisa berbalik arah tuh putarannya. Kalo motor listrik AC 1 phasa terdapat 2 jenis kumparan didalamnya yaitu kumparan utama dan kumparan bantu serta ada kapasitor. Menurut yang pernah saya baca, kumparan utama memakai penampang kawat lebih besar sehingga impedansinya lebih kecil dan kumparan bantu memakai kumparan dengan penampang kecil dan jumlah lilitannya lebih banyak sehingga impedansinya lebih besar. Sedangkan kapasitor berfungsi untuk menggeser phasa sehingga terjadi beda phasa antara kumparan utama dan kumparan bantu.

Sekarang ane mau membicarakan bagaimana cara membalik putaran motor listrik 1 phasa dengan kapasitor. Untuk membuat putaran ke kiri (ccw) kondensator ( C ) dihubungkan ke terminal A1 dan B2 dan terminal B1 dihubungkan dengan terminal A2.
Untuk membuat Putaran ke kanan (cw) kapasitor ( C ) dihubungkan ke terminal B1 dan A1 dan terminal B2 dihubungkan dengan terminal A1. Kira – kira begini gambar skemanya..gambar pertama untuk putaran searah jarum jam dan gambar kedua untuk yang berlawanan arah jarum jam…

 

Image

SKEMA MOTOR AC 1 PHASA

Terus skema kontrolnya kira – kira begini…masalah proses sistem kontrolnya monggo dibikin sendiri suka – suka sampean…saya cuma membuat di line powenya aja….

Image

Cukup sekian tulisan ane, kalo ada yang salah mohon dikoreksi ya…ini cuma sebagai pengingat bagi saya aja biar ga gampang lupa..he..he…semoga bermanfaat

 

 

One thought on “motor listrik AC 1 phasa dengan kapasitor dan cara membalik putarannya

Leave a Reply

